Kamis, 29 Agustus 2019

RPP Proyek Perubahan Diklat PIM 4

Rencana Proyek Perubahan








































Diklat PIM 4 Angkatan III Provinsi Riau Kabupaten Siak

OPTIMALISASI PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS KOMPUTER

  


RUANG LINGKUP RENCANA RANCANGAN PROYEK PERUBAHAN:
LATAR BELAKANGMILESTONE
PERMASALAHANJADWAL
TUJUAN dan MANFAATPENUTUP
TEMPAT dan WAKTU SUMBER DANA
STAKE HOLDER
PERUBAHAN YANG INGIN DICAPAI
RENCANA AKSI TIM EFEKTIF

LATAR BELAKANG
Dalam rangka sinkronisasi program Kemdikbud tentang pelaksanaan UNBK 100% untuk jenjang SMP/MTs serta implementasi karakter integritas melalui evaluasi hasil belajar peserta didik.
Pelaksanaan UNBK SMP Tahun 2019 mencapai 70% serta capaian rerata hasil UNBK lebih baik daripada UNKP
Pemanfaatan Teknologi Informatika dan komputer dalam proses belajar mengajar yang belum maksimal, sehingga dengan dengan melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer diharapkan bukan hanya proses belajar mengajar (kegiatan intrakurikuler) saja yang akan terpicu memaksimalakan TIK namun kegiatan utama sekolah lainnya yaitu cokurikulue dan ekstrakurikuler juga akan memaksimalkan pemanfaatan TIK.

ANALISA USG
Keterangan:
U: Urgency (tingkat urgency permasalahan)
S : Seriously (tingkat keseriusan permasalahan terhadap masalah lainnya)
G: Growth (pertumbuhan atau besar atau luasnya permasalahan
7

PERMASALAHAN
Tupoksi yang bermasalah:
Melakukan penyiapan bahan pembinaan pelaksanaan pembelajaran meliputi proses belajar mengajar, kurikulum dan penilaian SMP;
Permasalahan utama:
Belum terlaksananya evaluasi hasil belajar peserta didik SMP (Ulangan Tengah Semester/UTS, Penilaian Akhir Semester PAS dan Ujian Sekolah/US) berbasis komputer.


Tujuan:
Jangka Pendek:
Sekolah mampu menggunakan aplikasi evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer
Sekolah mampu memanfaatkan aplikasi evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer pada Ulangan tengah semester
Jangka Panjang:
Seluruh sekolah jenjang SMP melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer (Target utama untuk kelas 9)
Seluruh guru mata pelajaran mampu memanfaatkan dan menggunakan sarana prasarana Pusat Sumber Belajar (computer client, server dan jaringan) sebagai alternatif media pembelajaran
Manfaat:
Dapat mempercepat proses penilaian hasil belajar perserta didik Penilaian Hasil Belajar peserta didik lebih akuntabel
Dapat mempercepat perolehan analisis evaluasi hasil belajar peserta didik Mengefisiensi pembiayaan saat pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik
Tujuan:
Jangka Pendek:
Sekolah mampu menggunakan aplikasi evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer
Sekolah mampu memanfaatkan aplikasi evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer pada Ulangan tengah semester
Jangka Panjang:
Seluruh sekolah jenjang SMP melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis komputer (Target utama untuk kelas 9)
Seluruh guru mata pelajaran mampu memanfaatkan dan menggunakan sarana prasarana Pusat Sumber Belajar (computer client, server dan jaringan) sebagai alternatif media pembelajaran
Manfaat:
Dapat mempercepat proses penilaian hasil belajar perserta didik Penilaian Hasil Belajar peserta didik lebih akuntabel
Dapat mempercepat perolehan analisis evaluasi hasil belajar peserta didik Mengefisiensi pembiayaan saat pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik
Efisiensi pembiayaan
Meminimalisir kebiasaan mencontek
Naskah soal bisa dibuat lebih variatif


TEMPAT DAN WAKTU
Tempat:
Proyek perubahan dilaksanakan di wilayah kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.
Fokus tempat pelaksanaan area perubahan adalah Satuan Pendidikan SMP se Kabupaten Siak
Waktu:
Proyek perubahan dimulai pada tanggal 30 Juli 2019 s.d 20 November 2019

SUMBER DANA
Sumber dana untuk proyek perubahan terdiri dari beberapa sumber anatara lain (APBN, APBD dan Dana BOS). Rincian kegiatan utama dan pendukung proyek perubahan dan sumber dananya sebagai berikut:
NO KEGIATAN SUMBER DANA
1. Bimbingan Profesional Guru dan Siswa APBD
2. Pengadaan Naskah, Pendistribusian, Pencetak LJK US dan Pemantaun UN/US SMP/MTs APBD
3. Pengadaan Sarana Pusat Sumber Belajar APBN (DAK)
4. Pengadaan Sarana Pusat Sumber Belajar APBD Murni 2019
5. Pengadaan Sarana Pusat Sumber Belajar APBD Perubahan 2019
6. Pengadaan Sarana Pusat Sumber Belajar APBN (Dana Bantuan Pemerintah)
7. Pelaksanaan Evaluasi Dana BOS
NILAI
Rp.      698.586.500
Rp. 999.878.000
Rp. 3.528.000.000 Rp. 1.200.000.000
Rp.  2.893.500.000
Rp.   1.764.000.000
Menyesuaikan


STAKEHOLDER
1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
2. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
3. Kepala Bidang Pembinaan SMP
4. Kabid Pembinaan GTK
5. Kasi Pembelajaran SMP
6. Kasi Sarpras SMP
7. Kasi Pembinaan GTK SMP
8. Kasubbag Perencanaan
9. Korwilcam
10.Pengawas Sekolah
11.Staff Seksi Pembelajaran SMP
12.Operator Kabupaten
13.Ketua MKKS
14.Kepala Sekolah (SMP SeKabupaten Siak)
15.Guru Mata Pelajaran
16.Operator Sekolah/Proktor
17.Peserta Didik

NET MAP


PERUBAHAN YANG INGIN DICAPAI
1. Terlaksananya Evaluasi hasil Belajar Wajib di sekolah berbasis Komputer
2. Validitas hasil analisis evaluasi hasil belajar belajar yang dapat dimanfaat sebagai analisa tingkat kemampuan dan ketercapaian hasil belajar perserta didik
3. Proses belajar mengajar yang berorientasi memaksilmakan sarana pusat sumber belajar berbasis TIK
4. Tingkat kejujuran peserta didik dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar lebih baik
5. Evaluasi hasil belajar perserta didik sebagai implementasi pendidikan karakter yaitu karakater integritas
6. Tercapainya pelaksanaan UNBK 100%


RENCANA AKSI:
1. KONSULTASI DENGAN ATASAN LANGSUNG SEBAGAI MENTOR PROYEK PERUBAHAN
2. MEMBENTUK TIM EFEKTIF
3. KORDINASI DAN KONSULTASI DENGAN STAKEHOLDER
4. RAPAT TEKNIS DENGAN TIM EFEKTIF
5. MELAKUKAN PENDATAAN DAN PEMETAAN SEKOLAH PELAKSANA (SEUAI TARGET CAPAIAN JANGKA PENDEK ATAU JANGKA PANJANG)
6. MENYUSUN APLIKASI SOFTWARE EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS KOMPUTER
7. MENYUSUN MANUAL APLIKASI
8. MEMBENTUK TIM TEKNIS (SEBAGAI TIM PENGADUAN TROUBLESHOOTING)
9. BIMTEK DENGAN TIM EFEKTIF DAN TIM EFEKTIF
10. SOSIALISASI DENGAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH
11. BIMTEK DENGAN TIM TEKNIS DI SATUAN PENDIDIKAN SMP SE-KABUPATEN SIAK (PELAKSANAAN BIMTEK  DI 5(LIMA) TAHAP SESUAI LOKUS ATAU RAYON SEKOLAH)
12. PELAKSANAAN EVALUASI (SIMULASI DAN PELAKSANAAN
13. MONEV
14. LAPORAN

TIM EFEKTIF
1. Kabid Pembinaan SMP
2. Kasi Pembelajaran
3. Kasi Sarpras dan Kelembagaan SMP
4. Kasubbag Perencanaan
5. Staff Seksi Pembelajaran SMP
6. Operator Kabupaten
7. Ketua MKKS (2 Rayon)
8. Operator Sekolah (dipilih 1 orang setiap Kecamatan sebagai Tim teknis)

MILESTONE
PERSIAPAN
1.Komunikasi dengan mentor
2.Rapat dengan staff (tim teknis)
3.Melakukan kordinasi dengan stakeholder

MILESTONE
PELAKSANAAN
1. Pendataan Sekolah
2. Membentuk tim teknis
3. Rapat Teknis
4. Penyusunan manual aplikasi
5. Membuat edaran pendistribusian aplikasi
6. Membuat undangan rapat
7. Rapat penyusunan draft SOP
8. Finalisasi draft SOP
9. Penandatanganan SOP
10.Sosialisasi SOP
11.Pendataan peserta BIMTEK
12.Menentukan lokus BIMTEK
13.Pemanggilan peserta BIMTEK
14.Pelaksanaan BIMTEK
15.Laporan pelaksanaan BIMTEK
16.Distribusi aplikasi
17.Entri Naskah soal
18.Informasi layanan pengaduan teknis
(troubleshooting)
19.Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar berbasis Komputer (UTS)

Your Date Your Footer 29
MILESTONE
MONITORING DAN EVALUASI
1. Rapat persiapan monev
2. Menyusun instrumen monev
3. Melakukan monev
4. Rapat hasil monev
5. Menyusun laporan proyek perubahan
Your Date Your Footer 30

JADWAL
NO LANGKAH REALISASI/MILESTONE SEP OKTOBER NOV KET
III IV I II III IV I II
1. PERSIAPAN
1. Komunikasi dengan mentor
2. Rapat dengan staff (tim teknis)
3. Melakukan kordinasi dengan stakeholder
2. PELAKSANAAN
1. Pendataan Sekolah
1. Penyusunan manual aplikasi
1. Membentuk tim teknis
1. Entri Naskah soal
1. Membuat edaran pendistribusian aplikasi
1. Membuat undangan rapat
1. Rapat penyusunan draft SOP
1. Pendataan peserta
1. Menentukan lokus BIMTEK
1. Pemanggilan peserta BIMTEK
1. Distribusi aplikasi
1. Informasi layanan pengaduan teknis (troubleshooting)
32
JADWAL



PENUTUP
Sesuai dengan tujuannya, proyek perubahan ini dilakukan agar dapat membantu sistem manajemen pengelolaan kegiatan utama (intrakurikuler, cokurikuler dan ekstrakurikuler) yang dilakukan di Satuan Pendidikan SMP se kabupaten Siak menjadi lebih efisien dalam pembiayaan, effektif dan akuntabel dalam pelaksanaan, analisis, laporan dan tindak lanjutnya serta yang sangat penting adalah menarik pada saat proses belajar mengajarnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar